pokjar

 

Karakteristik sistem pendidikan jarak jauh yang diterapkan UT menuntut mahasiswa untuk mandiri dan proaktif dalam menempuh studi. Mahasiswa harus memiliki kedisiplinan untuk mengatur waktu belajar, membuat prioritas, mempelajari bahan ajar, mengatasi permasalahan dan kesulitan belajar secara cepat dan mandiri. Sistem, prosedur, dan fasilitas pendukung untuk belajar mandiri memang telah disediakan oleh UT Jember, termasuk informasi tentang registrasi, tutorial, ujian, kelulusan, dan wisuda. UT juga menyediakan berbagai sumber belajar bagi mahasiswa, seperti bahan ajar cetak, bahan ajar online, dan bahan ajar non cetak, yang didesain untuk belajar mandiri. Proses belajar mahasiswa difasilitasi dengan berbagai jenis bantuan belajar, seperti Tutorial Tatap Muka (TTM), Tutorial Online (Tuton), dan Latihan Mandiri (LM). Layanan administrasi akademik seperti registrasi, pembayaran uang kuliah, pencetakan kartu peserta ujian, serta ujian akhir semester (UAS) juga disediakan secara online.

Namun demikian, beragam permasalahan, baik administratif maupun akademik, masih dialami mahasiswa karena kekurangmandirian mereka. Di samping itu, UT juga masih memiliki keterbatasan jangkauan dalam memberikan layanan. Untuk membantu memberikan layanan kepada mahasiswa secara lebih kaksimal, UT Jember membentuk Kelompok Belajar (Pokjar) untuk membantu memberikan layanan administrasi dan informasi tentang UT kepada mahasiswa yang memerlukan layanan secara berkelompok.

Di dalam Statuta UT (Permenristekdikti No. 84/2017), pokjar adalah sekelompok mahasiswa yang menggabungkan diri dalam suatu kelompok dengan tujuan utama untuk belajar bersama (psl. 1(7)). Pokjar adalah kumpulan mahasiswa UT yang membangun komitmen dan kesepakatan bersama untuk saling membantu dan saling mendukung kelancaran dan keberhasilan belajar di UT dengan atau tanpa fasilitas pihak lain. Ketentuan terkait dengan pembentukan Kelompok Belajar (pokjar) diatur di dalam Peraturan Rektor UT nomor 51 tahun 2016.

Pokjar dapat berbentuk Pokjar Mandiri atau Pokjar UPBJJ-UT. Pokjar Mandiri adalah Pokjar yang dibentuk atas inisiatif mahasiswa secara mandiri dan diketuai oleh mahasiswa. Pokjar UPBJJ-UT dibentuk oleh UPBJJ-UT untuk membantu memberikan layanan kepada sekelompok mahasiswa dan dikoordinasikan oleh satu orang Pengurus Pokjar. Pengurus Pokjar UPBJJ-UT adalah perorangan yang berperan membantu kegiatan kelompok belajar mahasiswa berdasarkan ketentuan yang telah ditetapkan UT. Pengurus Pokjar diangkat dan ditetapkan oleh Kepala UPBJJ-UT berbasiskan kontrak.

Tugas utama dari Pengurus Pokjar adalah: (1) Menjaga citra positif UT; (2) Mempelajari sistem penyelenggaraan pendidikan UT dan ketentuan lain yang terkait dengan layanan belajar mahasiswa; (3) Memberikan informasi tentang potensi calon mahasiswa UT di wilayah kerja masing-masing; (4) Membantu sosialisasi dan promosi tentang program-program pendidikan UT; (5) Membantu calon mahasiswa/mahasiswa dalam melakukan proses registrasi; (6) Membantu UPBJJ-UT dalam pemberian layanan bantuan belajar mahasiswa; (7) Membantu UPBJJ-UT menyebarluaskan informasi yang relevan kepada mahasiswa; (8) Membangun komunikasi, interaksi, dan kerja sama yang positif dengan UPBJJ-UT, mahasiswa, tutor, supervisor, dan Pengurus Pokjar lain dalam penyelenggaraan layanan bantuan belajar; (9) Membantu mengoordinasikan keikutsertaan mahasiswa dalam pelaksanaan kegiatan kemahasiswaan, EKBM (OSMB & PKBJJ), UPI, dan kegiatan UT lainnya; (10) Membantu mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti ujian; dan (11) Membuat laporan Pengurus Pokjar per semester kepada UPBJJ-UT.

Berdasarkan Kontrak yang ditandatangani antara Universitas Terbuka Jember dengan Pengurus Kelompok Belajar, saat ini telah terbentuk kepengurusan Kelompok Belajar Mahasiswa yang tersebar di 7 (tujuh) kabupaten/kota wilayah kerja UPBJJ-UT Jember

 

Alamat Pengurus Pokjar UPBJJ-UT Jember

No.  Nama Pokjar Alamat Pokjar
1 Banyuwangi Kota Jl Airlangga No. 37 Kebalenan Banyuwangi
2 Wuluhan Jl sunan kudus, Krajan Desa Ampel, Wuluhan Jember
3 Genteng A Jl. K.H Wahid Hasyim 75 Genteng BWI
4 Kota Probolinggo Jl Cokroaminoto No. 2 Probolinggo
5 Genteng A (Semeru) Jl Semeru 100 Genteng BWI
6 Ponpes riyadlus Sholihin Jl Lawu No. 9 Probolinggo 67222
7 Genteng C SDN 1 Genteng, Jl KH.wahida Hasyim 47 Genteng 
8 Hati Jln Raya dringgu No. 901 Dringgu Kab. Probolinggo
9 Giri Jl. Jaksa Agung Suprapto No. 42 G, Banyuwangi 68416
10 Ponpes SAQA A Jl Jogosari No. 09 Rangkang Kraksaaan Probolinggo 67282
11 Kabat Jl Raya Kabat No. 315 Kabat, Banyuwangi
12 Ponpes SAQA B Jl Jogosari No. 09 Rangkang Kraksaaan Probolinggo 67282
13 Purwoharjo Jl Grajagan No. 96 Bulurejo - Purwoharjo - Banyuwangi
14 Diknas Probolinggo Jl. Panglima Sudirman No. 128 Kraksaan, Probolinggo
15 mutiara nusa Jl Bulurejo, Purwoharjo, Banyuwangi 68483
16 SMPN 3 Bondowoso Jl. Achmad Yani No. 123 Bondowoso 68211
17 Ponpes Karangdoro Jln KH Achmad Musayyidi No. 1 Karangdoro Kec Tegalsari Kab Banyuwangi
18 Tamansari Perumahan tamansari indahB Blok K2, Taman sari
19 Tegaldlimo SMK Muh 3 Tegaldlimo
20 Curahdami Jln Diponegoro SDN Poncogati 1 kec, Curahdami
21 IGTKI Jember TKIT, Ananda , Jl Kaliurang No. 7 RT 2 RW 15 Jember 68121
22 UTN Center Situbondo Jl Moch Soruji No. 1 situbondo
23 Jenggawah utara alun alun jenggawah No. 4 jenggawah
24 Diknas Kab Situbondo Jl Madura 55A Situbondo
25 Kalisat SDN Glagahwero 01 Jl, Di ponegoro No. 90 Kalisat
26 Diknas Lumajang Diknas Pendidikan Kab Lumajang ( Kawasan wonorejo Terpadu / KWT ) Lumajang
27 Mangli  Jl, Otto Iskandar (Otista) No. 176 Mangli, Jember
28 Umbulsari 1  Jl, Wr supratamanno 55 Umbulrejo, Umbulsari Jember
29 Nurul Qarnain Jl Imam Sukarto No. 60 Baletbaru Sukowono Jember
30 BKD Kota Probolinggo Jl mastrip No. 120 Kota Probolinggo
31 Umbulsari 2 / Umbulrejo Jl. Kramat No. 53 Umbulrejo, Umbulsari, Jember

 

 

 

pokja