Unggah Karya Ilmiah 8 April - 17 Juni 2019; Pengumuman Hasil Ujian Online Mata Kuliah Ulang 10 Juni 2019; Pencetakan KTPU 20 Mei - 23 Juni 2019;

 

 

AUDIT INTERNAL

WUJUD UT JEMBER MENJAGA DAN MENINGKATKAN KUALITAS LAYANAN

 

Semangat UT Jember untuk selalu menjaga dan meningkatkan kepercayaan masyarakat senantiasa menjadi pendorong dan pemacu seluruh unsur layanan di Kantor UT Jember. Dengan semangat inilah, UT Jember berkomitmen untuk mewujudkan manajemen pendidikan jarak jauh yang berkualitas dengan senantiasa melakukan continued improvement atas seluruh aspek layanan. Upaya ini juga diwujudkan dengan kegiatan-kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas manajemen UT, salah satunya adalah kegiatan Audit Internal.

Audit internal merupakan kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh UT untuk memastikan dan menjamin bahwa seluruh proses bisnis terlaksana sesuai dengan sistem, kebijakan dan prosedur UT. Hal ini ditinjau dari bagaimana UT melaksanakan seluruh proses layanan berdasarkan pada sistem jaminan kualitas UT. Audit Internal di UT Jember telah dilaksanakan mulai Hari Jumat, 12 April 2019 hingga Hari Senin, 15 April 2019. Bertindak sebagai auditor adalah Ibu Dr. Siti Aisyah, M.Si dan Ibu Dra. Dina Thaib, M.Ed, yang melakukan proses audit pada semua layanan UT Jember.

audit internal 191 2audit internal 191 1

Dalam kegiatan audit ini, tidak hanya unsur pimpinan yang di audit, namun juga seluruh pegawai dalam hierarki struktur kelembagaan UT Jember. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa seluruh unsur pegawai memahami dengan baik sistem tata kerja, prosedur dan sasaran kualitas yang harus dicapai. Audit juga dilakukan untuk semua bidang, mulai dari registrasi, pembelajaran, ujian hingga sertifikasi/kelulusan.

Audit yang ditutup pada Senin, 15 April 2019 pukul 14.00-15.00 WIB menghasilkan kesimpulan bahwa “UT Jember secara konsisten melaksanakan seluruh proses bisnis berdasarkan prosedur sistem jaminan kualitas UT dan ISO 9001:2015”. Beberapa rekomendasi perbaikan juga diberikan oleh auditor diantaranya untuk pelaksanaan tutorial, ujian online, sertifikasi, perawatan insfrastruktur dan proses manajemen secara umum. Dalam penyampaian rekomendasi, auditor menekankan “bahwa semua pengukuran membutuhkan dukungan data yang akurat, dan dengan data inilah, pimpinan dapat mengambil keputusan dengan tepat”.

Dalam sambutan penutupannya, Direktur UT Jember (Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd) menyampaikan bahwa “yang terpenting dalam audit adalah bagaimana kita mampu untuk terus melakukan continued improvement dan memastikan bahwa seluruh proses bisnis dapat dipahami dengan baik oleh seluruh staf”. Bagi seluruh staf UT Jember, audit ini pastilah akan menjadi peristiwa dan catatan penting dari sejarah dan perjuangan UT untuk terus berpacu memberikan layanan terbaik bagi selurih masyarakat.