BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Meningkatkan Kesuksesan Mahasiswa Melalui Komitmen, Integritas, dan Kreativitas Pengurus Pokjar

Meningkatkan Kesuksesan Mahasiswa Melalui Komitmen, Integritas, dan Kreativitas Pengurus Pokjar

 

Kolaborasi, sinergi dan revitalisasi komitmen menjadi penting sebagai indikator keberhasilan berorganisasi. Perlu sebuah wadah bersama untuk menyatukan semangat dan ikhtiar tersebut, sebagai bagian dari proses menuju implementasi. Terus berbenah. Hal ini yang terus dilakukan oleh Universitas Terbuka Jember. Sebagai Perguruan Tinggi Negeri dengan sistem Pendidikan Jarak Jauh (PJJ), jalinan kemitraan UT Jember dengan pelbagai pihak, merupakan sebuah keniscayaan. Untuk itu, dalam rangka mempererat jalinan kemitraan, pemantapan skolaborasi, inergi dan revitaliasi komitmen, UT Jember melaksanakan rapat koordinasi (rakor) dengan seluruh pengurus kelompok belajar (Pokjar) di wilayah kerja UT Jember.

Tujuan kegiatan rakor pokjar adalah; 1) Sebagai wahana evaluasi dan diskusi bersama atas kegiatan-kegiatan yang telah terlaksana, 2) Menginformasikan kebijakan-kebijakan baru Universitas Terbuka dan UT Jember, 3 )Memperoleh masukan sebagai bahan perumusan kebijakan operasional UT Jember, 4) Menentukan rencana kerja yang akan dilaksanakan pada semester berikutnya, dan 5) Mempererat jalinan kemitraan, pemantapan sinergi dan menguatkan komitmen UT Jember dengan pengurus pokjar.

rakor 1

Sebanyak dua puluh Pokjar se-wilayah kerja UT Jember, hadir dalam kegiatan rakor; pokjar Mabadi’ul Ihsan, SMPN 3 Bondowoso, Umbulsari, Lumajang, Ponpes SAQA, Banyuwangi Kota, Dispendik Kab. Situbondo, BKD Situbondo, Giri, Genteng A, Kalisat, Wuluhan, Kabat, UTN Center Situbondo, Purwoharjo, IGTKI Patrang, Kota Probolinggo, BKD Kota Probolinggo, Ponpes Riyadlus Solihin, dan Hati. Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Kadispendik) Kab. Bondowoso, Dr. Drs. Sugiono Eksantoso, M.M. Dalam paparannya, Kadispendik lebih memotivasi rekan-rekan pokjar untuk terus berinovasi dan kreatif dalam ikhtiar penyerapan angka partisipasi kasar mahasiswa (penerimaan mahasiswa baru). Pandemi COVID-19 telah secara sistemik bahkan menggeser pola-pola konvensional, umumnya dari tatap muka menjadi daring. Semua “dipaksa” digital. Konteks itulah yang harus cepat di adaptasi. Menutup sambutanya, Kadispendik Kab. Bondowoso mengapresiasi UT Jember yang terus berkomitmen dalam merevitalisasi kemitraan, khususnya melebarkan jangkar kemitraan di Kabupaten Bondowoso.

rakor 2

Acara selanjutnya, pemaparan materi oleh Direktur UT Jember Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd, Manajer Keungan dan Umum Efita Rusdiana, S.E, dan Manajer Bahan Ajar dan Tutorial Inneke Putri Widyani, S.E., M.Si. Direktur lebih menekankan pada materi perubahan kebijakan UT Pusat selama masa pandemi, diantaranya: Ujian Akhir Semester (UAS) dilakukan secara daring dengan skema Take Home Exam (THE), Tugas Akhir Program (TAP) dengan skema Ujian Online (UO) yang memungkinkan juga dilakukan secara Semi Proctoring, pendaftaran mahasiswa baru yang secara penuh dilakukan via online, layanan kuliah Tatap Muka (TTM) yang seterusnya akan dilaksanakan secara daring melalui platform LMS (Learning Management System), dan layanan pencetakan Surat Keterangan dan Legalisir ijazah secara online. Lain hal, dan merupakan salah satu layanan baru dalam pemaparan materi Direktur tersebut terkait pembelian matakuliah daring bersertifikat dari beberapa PTN/PTS yang tergabung dalam platform ICE (Indonesian Cyber University).

rakor 3

ICE merupakan lokapasar digital untuk matakuliah daring berkualitas di Indonesia. ICE dibangun untuk memfasilitasi penyediaan Pendidikan berkualitas, sekaligus menjamin kualitas layanan pembelajaran daring dan Pendidikan jarak jauh (PJJ). Pada bidang Bahan Ajar dan Tutorial, Inneke lebih menekankan pada materi rantai koordinasi penjadwalan mata kuliah, pendistribusian bahan ajar, dan kegiatan kemahasiswaan. Bidang Keuangan dan Umum lebih menekankan pada materi Ijazah UT yang akan menggunakan Penomoran Ijazah Nasional dari pangkalan data (PD) Dikti.

rakor 4 rakor 5

Akhir kata, semoga dengan tradisi kegiatan Rakor Pokjar ini, seluruh elemen yang ada di UT Jember termasuk Pengurus Kelompok Belajar memiliki satu visi, satu nafas guna memberikan yang terbaik bagi lembaga UT Jember. Tabik ! (Fadhilatul A.)