BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

PKBJJ KUNCI BERHASILNYA MAHASISWA UT JEMBER

 PKBJJ KUNCI BERHASILNYA MAHASISWA UT JEMBER

Jember, 25-26 September 2021 Universitas Terbuka, menggelar PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh) Tahun Ajaran 2021.2 secara daring, mahasiswa berpakaian bebas dan rapi mulai nampak bersiap mengikuti acara, ada yang sibuk berbenah jilbab di depan layar computer, menggonta-ganti layar background dan ada juga yang tampak sibuk membolak -balik kertas, antusias mahasiswa sangat jelas. Dalam 2 hari, acara ini diikuti oleh kurang lebih 2.000 mahasiswa yang tersebar pada dibeberapa kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi, Probolinggo

PKBJJ20122 PKBJJ20122 1

 

Hari ini kegiatan dihadiri oleh Direktur UT Jember Dra. Barokah Widuro Yekti,

M. Pd yang terjadwal baru masuk UT Jember 2 pekan lalu menggantikan Prof. Dr. Mohammad Imam Farisi, M.Pd, pemaparan materi dilakukan oleh dosen-dosen antara lain ibu Inneke Putri Widyani, SE., M. Si, ibu Nita Ryan Purbosari, S. Sos., M. Si, ibu Dra. Iswati, M. Pd dan Hesti

Hermaningsih, S. Pd., M. Pd dilanjutkan pada hari ke 2 oleh ibu Dra. Khadijah Hayati, M. Pd serta beberapa tenaga kependidikan lainnya, materi dengan jumlah jampel (jam pelatihan) 240 menit ini berisi tentang Merencankan dan mengelola waktu belajar, Membaca dan merekam hasil membaca, Manfaat dan layanan, fasilitas dan sumber belajar online serta pengenalan LMS dan laman praktik di ikuti dengan penuh semangat oleh mahasiswa.

Mengawali acara, Direktur mengucapkan selamat mengikuti acara PKBJJ hari ini, beliau memberikan nasihat bahwa mahasiswa UT berbeda dengan mahasiswa pada Universitas lain, kunci keberhasilan mahasiswa UT sangat tergantung pada ketekunan membaca dan belajar mandiri yang dilakukan, lebih jauh Direktur mengingatkan bahwa mahasiswa UT tidak selalu dibimbing oleh dosen sampai study selesai, melainkan harus memiliki kesadaran bahwa cepat lambatnya masa pendidikan sangat tergantung pada masing-masing orang, namun demikian UT tidak membiarkan mahasiswa tanpa arah yang jelas, layanan bantuan berupa kiat mudah belajar jarak jauh seperti yang saat ini dilakukan dan beberapa layanan yang lain seperti layanan latihan menghadapi ujian, dan layanan yang lain sudah menjadi program.

“Saya harap, seluruh mahasiswa Mahasiswa UT dapat belajar secara mandiri, cara belajar mandiri menghendaki mahasiswa untuk belajar atas prakarsa atau inisiatif sendiri, belajar mandiri

PKBJJ20122 2 PKBJJ20122 3

dapat dilakukan secara sendiri ataupun berkelompok, selain BMP (Buku Materi Pokok) atau bahan ajar yang bisa digunakan, nantinya juga akan ada materi tentang “Cara Mengakses UT Online” imbuhnya. Akhirnya “Kemandirian merupakan kunci utama menghadapi masa yang serba tidak pasti, jangan tergantung pada orang lain, bersungguh-sunguhlah dalam belajar” Direktur menutup sambutannya.

Agenda hari ini bukan hanya memprogramkan mahasiswa untuk berlama- lama mendengarkan pemateri menyampaikan paparan saja, tetapi untuk mengukur tingkat pemahaman mahasiswa maka mahasiswa diminta untuk mengerjakan lembar kerja yang sudah disiapkan, disela-sela jadwal menyelasaikan tugas, mahasiswa dapat melakukan diskusi atau tanya jawab, sehingga diharapkan mahasiswa lain yang memiliki pertanyaan sama dapat memahaminya pula.

Acara penutupan dilakukan kisaran jam 12. 45 WIB sebelum diakhiri Direktur berpesan bahwa desain besar UT sejak 37 tahun lalu adalah Pembelajaran Jarak Jauh, bisa jadi, saat ini beberapa Perguruan Tinggi lain masih belajar menggunkan sistem jaringan tetapi UT sudah melakukannya dari tahun 1984, maka selayaknya mahasiswa UT berbangga diri menjadi bagian dari sistem milenial ini, yang secara tidak langsung membekali mahsiswa bukan hanya ilmu pengetahuan tetapi sekaligus mencelupkan diri dengan IT, sehingga ada multipel efek yang dihasilkan lebih dari mahaiswa yang lain, sebelum mengucap salam Direktur menegaskan bahwa tidak ada yang abadi kecuali perubahan itu sendiri, belajarlah dengan serius dan terus menjaga semangat merupakan rangkaian kunci meraih cita-cita, suara lembut Direktur menutup acara. (Hadiqotul lulu)

Gembira dan serius, sukses buat mahasiswa baru UT