BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Mahasiswa Program Sarjana dan Magister UPBJJ Jember

Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) Mahasiswa Program Sarjana dan Magister UPBJJ Jember

 

Dalam rangka memberikan bekal bagi mahasiswa baru Universitas Terbuka untuk memulai tutorial pada masa registrasi 2022/21.2 (2021.2), UPBJJ Jember memberikan Pelatihan yang wajib diikuti oleh seluruh mahasiswa baru yang secara umum disebut LAYANAN PENDUKUNG KESUKSESAN BELAJAR JARAK JAUH (LPKBJJ). LPKBJJ ini terdiri dari OSMB (Orientasi Studi Mahasiswa Baru), PKBJJ (Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh), Workshop Tugas (Assignment Workshop) dan Klinik Ujian (Examination Clinic).

berita 1

Kegiatan OSM bagi mahasiswa program Sarjana dilaksanakan pada tanggal 18 -19 September 2021. Untuk program Magister dilaksanakan pada tanggal 2 Oktober 2021. Seluruh kegiatan dilaksanakan secara daring melalui aplikasi zoom meeting.

Sedangkan PKBJJ dilaksanakan pada tanggal 25 – 26 September 2021 untuk program Sarjana dengan materi Berlatih membuat rencana belajar, membaca dan merekam hasil baca, berlatih akses LMS dan layanan UT Online lainnya. Adapun narasumber dalam kegiatan PKBJJ adalah staf UPBJJ jember.

berita 2berita 3

Untuk kegiatan PKBJJ Program Magister dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2021 yang dilaksanakan melalui Aplikasi Zoom meeting. Adapun materi yang disampaikan antara lain Membaca dan Merekam Hasil Baca yang disampaikan oleh Ibu Hesti Herminingsih, SP. MP, Praktik  Membaca Artikel dengan Efektif dengan pemateri Rini Yayuk Priati, S.E., M.Ec., Ph.D (Asdir 2 P5S Universitas Terbuka), UT online dan Layanan UT Online/OER yang disampaikan oleh Staf Dosen UPBJJ Jember.

berita 4berita 5

Secara keseluruhan, kegiatan PKBJJ berlangsung dengan baik. Tanya jawab yang dilakukan juga berlangsung lancar tanpa ada kendala berarti. Diharapkan mahasiswa sudah siap memulai tutorial yang akan dilaksanakan pada bulan Oktober 2021. Kegiatan selanjutnya dalam rangkaian LPKBJJ direncanakan akan dilaksanakan pada bulan November 2021.