BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Pelatihan Kegiatan Belajar Jarak Jauh Mahasiswa Pascasarjana

Pelatihan Kegiatan Belajar Jarak Jauh;

“Mahasiswa Pascasarjana Wajib Membaca Artikel Ilmiah dan Jangan Suka Kutip Artikel Berbasis Opini!”

Jember- Pascasarjana UT Jember, gelar PKBJJ (Pelatihan Kegatan Belajar Jarak Jauh) acara pada tanggal 03 Oktober 2021 ini berlangsung dari jam 08.00 sampai 12. 15 WIB, kegiatan yang bersumber dari ruang studio UT Jember dan di ikuti dari kediaman mahasiswa masing-masing  berjalan dengan baik, jumlah peserta sebanyak 28 orang, dari berbagai program studi. Pada hari itu mahasiswa nampak bersemangat mengikuti acara, sebagai MC mas Dio sangat memahami konteks acara dan mampu menciptakan suasana yang menyenangkan bagi audience, sehingga acara terasa lebih menarik dan tidak membosankan. Salah satu pemateri pada acara ini adalah Asisten Direktur Pascasarjana Rini Yayuk Priyati, S.E., M.Ec., Ph.D  dari UT pusat, serta beberapa narasumber sekaligus dosen dari UT Jember seperi Ibu Inneke Putri Widyani, Se, M.si , Nita Ryan Purbosari, S.Sos., M.Si., Hesti Herminingsih, S.P., M.P. Hesti dan Dr. Hadiqotul Lulu.

asasas ssas

“Sering-seringlah membaca artikel ilmiah, kalau bisa artikel bahasa Inggris karena saat ini meski penelitian di lakukan di Indonesia, selalu akan dipaksain untuk dibahasa Inggriskan  pada dasarnya             artikel yang mengguakan bahasa Inggris akan lebih banyak dicari orang, untuk mengetahui dan memahaminya, ayo anda harus effort “  bu. Yayuk mengawali materinya.

Pada kesempatan itu, Yayuk mengambil tema “Membaca Artikel Ilmiah dengan Efektif” Intisari dalam materi tersebut dapat disimpulkan efektifitas membaca atau kesugguhan dalam membaca bukan hanya berdasarkan  kemampuan seseorang membaca tulisan berlembar-lembar tetapi memaknai isi dalam setiap tahapan artikel ilmiah itu sendiri, bahkan lebih tegas bu. Yayuk melarang mahasiwa untuk mengambil data dari arikel-artikel opini baik opini jurnalistik lebih-lebih opini yang bersifat politik, solusi yang ditawarkan adalah mengutip data dari artikel ilmiah misalnya dari jurnal no payment dari schooler, jadi data yang akan digunakan baik untuk mengerjakan tugas, membuat makalah, lebih-lebih ketika menyusun Tesis, jurnal ilmiah bisa dipertanggung jawabkan secara akademik, meski lebih lanjut dia mengatakan jurnal tersebut mudah diakses dengan cara yang sederhana.

saasas

Materi tidak kalah penting juga disampaikan oleh ibu Hesti, kurang lebih 1 jam  mengupas trik –trik memahami bahan ajar modul yang sudah ada di tangan masing-masing mahasiswa. Dalam paparannya Hesti menjelaskan satu model membaca efektif yang dapat dipelajari, dan bisa di terapkan yaitu Model SQ-R survey, question,read, recite, review.

Acara dilanjutkan dengan cara mengakses layanan UT online, 2 penyampai materi ini merupakan manajer di UPBJJ Jember, Ibu Inneke adalah manajer bahan ajar dan tutorial dan Ibu Nita merupakan manajer registrasi dan asesmen,  keduanya memberikan penguatan bahwa  layanan sarana dan prasarana belajar Jarak Jauh UT makin beragam dan memadai untuk itu mahasiswa diharapkan mampu mengasesnya dengan lebih cepat dan tepat, karena ini akan menunjung kesuksesan mahasiswa dalam proses pembelajaran sampai nanti lulus  sesuai target, adapun beberapa materinya 1). memperkenalkan website UT & fasilitas layanan online, 2). registrasi online, mengakses & memanfaatkan  bahan ajar utama, 3). mengakses & memanfaatkan suaka ut, dan 4). mengakses & memanfaatkan kit mahasiswa.

hesti

Akhirnya acara penutupan yang diwakili oleh Manajer Tutorial dan Bahan Ajar menyampaikan salam dari Direktur Ibu Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd.   untuk tetap semangat dan terus berdoa agar bisa berangkat bersama dan lulus kuliah dengan predikat Magister juga bersama, jaga kesehatan diri dan keluarga, tutup Inneke. (Hadiqotul lulu)