BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

TINGKATKAN ANGKA PARTISIPASI MAHASISWA, UT JEMBER GELAR RAKOR POKJAR

TINGKATKAN ANGKA PARTISIPASI MAHASISWA, UT JEMBER GELAR RAKOR POKJAR


    Karakteristik sistem Pendidikan jarak jauh yang diterapkan UT menuntut mahasiswa untuk mandiri dan proaktif dalam menempuh studi. Mahasiswa dituntut harus memiliki kedisiplinan untuk mengatur waktu belajar, membuat prioritas, mempelajari bahan ajar, menguasai permasalahan dan kesulitan secara cepat dan mandiri. Berbagai layanan administrasi akademik dan sumber belajar UT disediakan secara online. Sebagian mahasiswa UT memerlukan layanan terkoordinir yang bisa memfasilitasi kegiatan belajar secara berkelompok. Untuk keperluan ini, Pengurus Kelompok Belajar (Pokjar) diperlukan untuk membantu memberikan layanan administrasi dan informasi tentang UT kepada mahasiswa yang memerlukan layanan secara berkelompok. Pokjar adalah kumpulan mahasiswa UT yang membangun komitmen dan kesepakatan bersama untuk saling membantu dan saling mendukung kelancaran dan keberhasilan belajar di UT dengan/atau tanpa fasilitas pihak lain. Adanya pengurus pokjar berperan membantu kegiatan kelompok mahasiswa berdasarkan ketentuan dan kebijakan UT.
rakor 1

     Adanya kebijakan dan ketentuan UT yang menyesuaikan dengan kondisi terkini, UT kerap melakukan rapat koordinasi Pokjar untuk meningkatkan soliditas dan sinergi antara UT Jember dengan pengurus kelompok belajar. Kegiatan Rakor Pokjar merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh UT Jember dalam rangka penyampaian kebijakan dan ketentuan UT, mempersiapkan kegiatan-kegiatan akademik maupun non akademik mahasiswa UT Jember dan sekaligus menjadi sarana sosialisasi untuk memperkenalkan UT ke masyarakat umum. Tahun ini, kegiatan Rakor Pokjar diselenggarakan di Hotel Aston Banyuwangi selama dua hari mulai tanggal 28-29 Mei 2022 yang diikuti oleh 26 perwakilan pengurus pokjar di Wilayah UT Jember. Diawali oleh sambutan dan arahan dari Direktur UT Jember yaitu Dra. Barokah Widuroyekti, M.Pd dan dilanjutkan pemaparan materi tentang Melayani dengan Profesionalitas dan Integritas. Pengurus pokjar merupakan garda terdepat yang sangat strategis dalam melayani stakeholder UT baik dari calon mahasiswa, mahasiswa, alumni dan masyarakat umum sehingga kita harus memiliki kualitas yang baik dalam pelayanan.”Berkualitas dalam Layanan, kokoh dalam kebersamaan, bersama kita raih kesusksesan,” tuturnya. (Sabtu, 28/5)
rakor 2

      Paparan materi selanjutnya mengenai sosialisasi dan promosi UT yang disampaikan manajer keuangan dan umum. Materi terkait pelaksanaan ujian dan penerimaan mahasiswa baru telah dibuka pendaftarannya sejak 9 Mei 2022 hingga 27 Juli 2022 yang disampaikan oleh manajer registrasi dan ujian. Materi tentang bantuan belajar dan tutorial serta kegiatan kemahasiswaan UT Jember disampaikan oleh Manajer Bantuan Belajar dan Tutorial.
Pada materi penguatan kelompok belajar disampaikan oleh Teguh Prakoso, S.Pd,. M.Hum. Beliau merupakan dosen FKIP Universitas Terbuka. Materi penguatan pokjar terdiri dari beberapa hal diantaranya mempertahankan dan meningkatkan jumlah mahasiswa UT, sebagaimana capaian yang sudah baik hendaknya tetap dipertahankan dan ditingkatkan. Membangun branding Pokjar, mengelola pokjar dengan sistem yang modern disesuaikan dengan generasi millennial yaitu pelayanan cepat dan tepat. Pelayanan yang baik dan kenyamanan dalam memberikan informasi dan menanggapi keluhan dan kendala mahasiswa. “Pelayanan yang baik dan memberikan kenyamanan kepada mahasiswa adalah kunci meraih kepercayaan mahasiswa.” Tambah Teguh. Jika mahasiswa terlayani dengan baik maka mahasiswa akan merasa merasa nyaman.
rakor 3

      Kesokan harinya diawali dengan senam bersama di lapangan kawasan penginapan. Kemudian dilanjutkan persentasi praktik baik oleh Pokjar Genteng A dengan tema Perekrutan Mahasiswa Baru 2021/22.2 masa registrasi 2022.1, dan Pokjar Umbulsari dengan tema Pengelolaan data mahasiswa baru dan lama. Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan Perjanjian Kerjasama antara UT Jember dengan Pokjar. Harapan dengan dilaksanakannya kegiatan Rakor Pokjar UT Jember tahun 2022 ini UT Jember dan Pokjar tetap bisa berdampingan serta berkolaborasi mewujudkan sejuta mahasiswa UT dengan tetap mengutamakan pelayanan prima kepada mahasiswa.