BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Pelatihan Kemahasiswaan Mahasiswa Beasiswa Pokjar Unuja: Terampil Menulis Karya Ilmiah

unj 1

Kegiatan Pelatihan Mahasiswa Beasiswa ini diikuti oleh seluruh mahasiswa penerima beasiswa layanan sipas plus. Beasiswa itu bukan hanya KIP-K saja, ada pula beasiswa CSR, dan beasiswa PBC. Intinya segala beasiswa yang ambil program layanan Sipas Plus. Kegiatan ini diikuti oleh 18 mahasiswa yang mendapatkan fasilitas beasiswa dari Yayasan Nurul Jadid untuk mengikuti pendidikan di S1 Ilmu Perpustakaan Universitas Terbuka Jember. Kegiatan dilaksanakan pada Selasa, 1 November 2022 dan dimulai pada pukul  08.00 – 12.00 WIB

unj 2

Kegiatan yang dilaksanakan di Wisma Dosen Universitas Nurul Jadid kali ini sedikit berbeda dengan kegiatan pelatihan kemahasiswaan sebelumnya, tema yang diangkat saat ini merupakan Karya Ilmiah yang dimana mahasiswa tingkat akhir akan menghadapi Karya Ilmiah sebagai salah satu syarat kelulusan di Universitas Terbuka. Selain itu, mahasiswa didorong untuk bersemangat menyelesaikan pendidikannya di UT dengan nilai yang baik.  

unj 3

Diawali dengan pembukaan yang di sampaikan oleh Amalia Herlina, S.IIP., M.MT. selaku Kepala Perpustakaan Universitas Nurul Jadid, beliau memberikan arahan bahwa masih sedikit lulusan Ilmu Perpustakaan di Indonesia yang menggeluti bidang yang sama, yaitu sebagai Pustakawan. Oleh karenanya, Universitas Nurul Jadid terdorong untuk memberikan layanan pendidikan berupa beasiswa kepada karyawan di Yayasan Universitas Nurul Jadid untuk menjadi Pustakawan ke depannya.

unj 4

Selanjutnya, materi Karya Ilmiah disampaikan oleh salah satu tutor di UT Jember, yakni Teguh Karya Pamungkas, S.Sos., M.Si., MAP yang mengarahkan mahasiswa untuk segera menentukan judul yang relevan dengan Ilmu Perpustakaan saat ini. Beliau menjelaskan secara detail tentang bagaimana membangun judul, merinci metodologi ilmiah, hingga merangkai hasil penelitian, sampai membuat simpulan dan daftar pustaka yang baik. Tentunya materi ini disambut dengan baik dengan banyaknya pertanyaan seputar Karil.

unj 5

Kegiatan ini ditutup dengan arahan oleh staff Universitas Terbuka Jember, yaitu Yusuf Darji Nurcahyo, A.Md. dan Dio Catur Prasetyohadi, S.S. yang mengingatkan studi di UT harus diselesaikan dengan baik dan tentunya dengan semangat yang tinggi. Sebagai mahasiswa penerima beasiswa tentunya menjadi tanggung jawab mahasiswa untuk berkomitmen belajar dengan sungguh-sungguh.