BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

KEGIATAN PELATIHAN KEMAHASISWAAN MAHASISWA BEASISWA SEMESTER 2023 GENAP (2024.1)

Pelatihan adalah kegiatan melatih atau mengembangkan suatu keterampilan dan pengetahuan pada diri kita sendiri atau orang lain, yang terkait dengan kompetensi tertentu sesuai dengan bidang masing-masing. Universitas Terbuka yang merupakan institusi dengan sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh mengedepankan pembelajaran mandiri. Dalam rangka membekali mahasiswa dengan keterampilan atau pengetahuan yang akan bermanfaat dalam dunia kerja, UT memberi fasilitas pelatihan mahasiswa diantaranya untuk mahasiswa beasiswa KIPK, CSR, dan PBC. Kegiatan ini bersifat rutin setiap semester.

Tujuan diadakan pelatihan mahasiswa ini untuk menambah pengetahuan dan meningkatkan keterampilan mahasiswa.

Universitas Terbuka Jember melakukan kegiatan Pelatihan Mahasiswa ini secara luring yang diadakan di dua lokasi yaitu ponpes mabadiul ihsan karangdoro dan ponpes SAQA-kraksaan. Kegiatan dilaksanakan secara tatap muka/luring dengan jadwal yang berbeda.

  • Pokjar Mabadiul Ihsan - Karangdoro

Hari / Tanggal : Selasa, 04 Juni 2024

Waktu              : 08.00 – 12.00 WIB

Lokasi             : Pondok Pesantren Mabadiul Ihsan – Karangdoro

  • Pokjar SAQA

Hari / Tanggal : Kamis, 06 Juni 2024

Waktu              : 08.00 – 12.00 WIB

Lokasi             : Pondok Pesantren SAQA - Kraksaan

WhatsApp Image 2024 07 25 at 12.38.30 PM

Kegiatan Pelatihan Mahasiswa Beasiswa ini diikuti oleh seluruh mahasiswa penerima beasiswa layanan sipas plus. Beasiswa itu bukan hanya KIPK melainkan mahasiswa penerima beasiswa CSR dan Program Banyuwangi Cerdas (PBC).

Tema dan Narasumber Kegiatan Pelatihan, sebagai berikut :

  1. Siapkan Diri Memasuki Dunia Kerja : Novan Yudhistira
  2. Bijak Dalam Ber-Media Sosial : M. Andrian Dhimas Nadindra
  3. Optimalkan Potensi Diri untuk Mencapai Prestasi : Ari Susandi

 

Dengan pembagian yang disesuaikan dengan semesternya, diharapkan mahasiswa mampu menambah ilmu pengetahuannya dan mengaplikasikan pada kehidupan ketika mereka menjadi mahasiswa UT.

Dibekali juga oleh Pimpinan UT Jember bahwa mahasiswa beasiswa UT harus tetap aktif dalam kegiatan apapun yang diadakan di UT , termasuk kedisiplinan dalam kehadiran tutorial, dalam kegiatan pelatihan dan kewajiban-kewajiban yang telah di setujui ketika tes wawancara seleksi masuk menjadi mahasiswa beasiswa UT. Mahasiswa diharap tanggung jawab atas aturan aturan yang di keluarkan oleh UT maupun oleh pondok, dalam masa studi di UT.

WhatsApp Image 2024 07 25 at 12.41.55 PM