BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Layanan Fleksibel Universitas Terbuka Jember Melalui Registrasi Keliling

Jember (25/08) – Pagi hari pukul 05.30 WIB. di kawasan alun-alun Situbondo – booth Universitas Terbuka Jember telah berdiri tegak dengan slogannya “Kuliah di Mana Saja” – menemani aktivitas liburan masyarakat Situbondo dalam kegiatan bertajuk Registrasi Keliling Univeristas Terbuka Jember. Kegiatan ini tidak hanya berlangsung di Kabupaten Situbondo, melainkan juga berdiri booth Registrasi Keliling di alun-alun Kota Probolinggo dan Kabupaten Banyuwangi. Menyasar masyarakat di seluruh wilayah kerja Universitas Terbuka Jember, diharapkan mampu menarik minat masyarakat di setiap daerah untuk menumbuhkan kesadaran untuk menempuh pendidikan tinggi atau sekadar melakukan registrasi dalam perkuliahan.

WhatsApp Image 2024 08 18 at 08.02.26 ffe5b3ca

Tujuan Registrasi Keliling adalah meningkatkan angka partisipasi dan kesadaran masyarakat untuk melanjutkan pendidikan pada jenjang yang lebih tinggi. Universitas Terbuka sebagai penyedia pendidikan berbasis jarak jauh terbesar di Indonesia mampu menjawab tantangan zaman serta permintaan yang besar dalam masyarakat untuk dapat menyeimbangkan pendidikan serta kompetensi praktis dalam pekerjaan. Universitas Terbuka Jember berharap dengan hadirnya kegiatan ini dapat merangkul masyarakat di daerah agar mendapatkan pelayanan yang lebih dekat dan fleksibel di tengah masyarakat itu sendiri.

1

Kegiatan Registrasi Keliling tidak hanya berlangsung satu hari saja, melainkan telah berlangsung pada minggu sebelumnya, yaitu tanggal 18 Agustus 2024 yang diselenggarakan di 3 kabupaten – Lumajang, Probolinggo, dan Bondowoso yang mengawali kegiatan registrasi keliling Universitas Terbuka Jember dengan tingkat antusias masyarakat yang cukup banyak. Hadir di tengah pusat kabupaten sebagai tempat yang strategis, serta berintegrasi dengan kegiatan Car Free Day yang rutin diadakan tiap minggu, kegiatan ini menjadi wadah layanan sekaligus interaksi yang inklusif antara masyarakat dengan lembaga pendidikan tinggi, yaitu Universitas Terbuka.

Merged document 1

Hal ini menyongsong pembaruan pelayanan Universitas yang dekat dengan masyarakat sehingga sebagai penyedia layanan pendidikan tinggi, Universitas Terbuka, dapat menjawab kebutuhan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan yang lebih fleksibel dan dinamis. Registrasi Keliling selalu menjadi ikon setiap semester dalam pendaftaran dan masa registrasi mahasiswa Universitas Terbuka Jember dimana masyarakat di daerah di luar Jember mendapatkan hak layanan yang sama, berkomunikasi dan menyampaikan apresiasi yang sama, serta turut menjadi bagian penting dalam cita-cita Universitas Terbuka mencapai 1 juta mahasiswa. Angka tersebut bukanlah angka yang kecil, melainkan sebuah tujuan bersama seluruh masyarakat agar peningkatan kesadaran pendidikan tinggi sudah muncul di pusat masyarakat di tiap daerah. Registrasi keliling Universitas Terbuka Jember selalu meninggalkan kesan yang menggembirakan, menjadi kegiatan rutin yang ditunggu untuk menyapa ribuan masyarakat di daerah yang membutuhkan pelayanan pendidikan tinggi yang dekat dengan mereka, karena jarak bukanlah penghalang menempuh pendidikan tinggi. (dio)

2