BERITA

Liputan kegiatan Universitas Terbuka Jember

Gerbang Awal Menuju Fleksibilitas Pembelajaran Jarak Jauh dalam PKBJJ Universitas Terbuka Jember

    Jember (01/09) – Sebelum memulai perkuliahan di Universitas Terbuka (UT), mahasiswa baru di UT Jember dibekali pelatihan tentang pembelajaran jarak jauh yang masih terasa awam pada dunia pendidikan konvensional. Kegiatan ini disebut Pelatihan Keterampilan Belajar Jarak Jauh atau PKBJJ dalam serangkaian Layanan Pendukung Kesuksesan Belajar Jarak Jauh (PKBJJ) yang berisi serangkaian pelatihan bagi mahasiswa baru, yaitu OSMB, PKBJJ, Workshop Tugas, serta Klinik Ujian. PKBJJ berisikan materi yang padat tentang bagaimana belajar secara efektif dan mencapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran jarak jauh.

WhatsApp Image 2024 09 01 at 10.16.32 AM

    Kegiatan PKBJJ bertujuan untuk membiasakan mahasiswa melakukan kegiatan belajar secara mandiri sebagai langkah adaptif dari pembelajaran yang biasanya dilakukan secara tatap muka, lalu bertransformasi menjadi pembelajaran secara jarak jauh, yang sering disebut belajar online. Pelatihan ini penting bagi mahasiswa mengingat kebiasaan pendampingan pembelajaran pada masa sekolah menengah membuat mahasiswa terbiasa menggantungkan intisari sebuah materi pada pengejar di kelas, sedangkan konsep pembelajaran jarak jauh menekankan pada eksplorasi yang lebih luas, inklusif, dan fleksibilitas tinggi. Materi dibuka dengan mengelaborasi tentang perencanaan dan pengelolaan jadwal belajar sebagai langkah untuk mencapai goal pembelajaran. Dilanjutkan dengan cara membaca dan merekam hasil baca, dimana dalam pemahaman teori secara tekstual dibutuhkan strategi yang mumpuni sehingga materi dapat terserap dengan baik sebagai bekal evaluasi. Lalu ditutup dengan materi UT Online untuk memberikan arahan pada mahasiswa secara teknis agar dapat mengakses seluruh fasilitas yang diberikan oleh Universitas Terbuka.

WhatsApp Image 2024 09 01 at 9.46.45 AM

   Pelaksanaan PKBJJ tahap I dilakukan di 2 kabupaten dengan jumlah mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi dan pembayaran terbanyak, yakni Kabupaten Jember dan Banyuwangi. Sebanyak 1.000 mahasiswa yang dibagi dalam 4 lokasi kegiatan yang berbeda, yakni Hotel Royal Jember, Hotel Fortuna Grande Jember, Hotel Santika Banyuwangi, serta Hotel Aston Banyuwangi secara serentak mengikuti kegiatan ini pada tanggal 1 September 2024. Semangat mahasiswa baru sudah terasa sejak dimulainya pelatihan ini dengan banyaknya diskusi dan pertanyaan yang disampaikan mahasiswa mengenai perkuliahan di Universitas Terbuka, seperti tentang pertemuan dalam kegiatan pembelajaran, strategi belajar, hingga pengaturan dalam reset akun mahasiswa. Mahasiswa berbondong-bondong bertanya pada kesempatan yang hanya didapatkan saat menjadi mahasiswa baru ini.

WhatsApp Image 2024 09 01 at 9.08.55 AM

    Kegiatan ini diharapkan dapat memberikan dampak yang signifikan dalam kesuksesan belajar mahasiswa Universitas Terbuka Jember karena rata-rata mahasiswa sudah memiliki pekerjaan maupun kesibukan lain di luar perkuliahan sehingga penjadwalan menjadi sebuah keharusan yang dilakukan agar keduanya dapat berjalan dengan seimbang. Keuntungan mengikuti pelatihan ini, mahasiswa baru juga diajak untuk melakukan praktik secara langsung bagaimana membuat draft penjadwalan belajar selama satu semester yang diharapkan dapat menjadi acuan mereka dalam melakukan pembelajaran jarak jauh ke depan. Ditambah lagi, mahasiswa juga diajak untuk membuat rangkuman hasil baca sesuai metode yang telah diajarkan untuk mempermudah kepemahaman teori yang didapatkan dalam modul yang didapatkan mahasiswa

IMG 20240901 080456 1

   Universitas Terbuka Jember sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menekankan fleksibilitas dalam setiap kegiatan pembelajarannya, menjadi wadah untuk peningkatan kompetensi bagi masyarakat yang ingin berkembang dalam keilmuwan termasuk pengembangan karir. Layanan pendukung kesuksesan belajar jarak jauh merupakan layanan inovatif yang dibentuk Universitas Terbuka untuk membantu mahasiswa dalam mengatur secara mandiri tujuan pembelajaran sesuai ekspektasi yang diinginkan. Kini saatnya, pembelajaran online akan menjadi tujuan pendidikan tinggi masa depan yang menjanjikan. (dio)