jember.ut.ac.id
  • Home
  • Layanan
  • Profil Pegawai
  • Pengumuman
  • Berita
  • UT ONLINE
    • SIA (Sistem Informasi Akademik)
    • TUTON (Tutorial Online)
    • LMS (Learning Manajemen Sistem)
    • Kalender Akademik
    • Katalog UT
    • Formulir Kemahasiswaan
    • Akreditasi BAN-PT
    • Surat Keterangan
    • Unggah Karil (Karya Ilmiah)
    • Perpustakaan Digital
    • SUAKA UT
    • Laman TUTOR
    • IKA-UT (Ikatan Alumni)
  • SALUT

FAQ

08 Aug,2024
FAQ

INFORMASI SEPUTAR TUTORIAL

Selamat datang di Layanan Tutorial Universitas Terbuka Jember . Tutorial merupakan layanan bantuan belajar yang disediakan oleh Universitas Terbuka (UT) yang bertujuan untuk memicu dan memacu proses belajar mandiri mahasiswa. Silahkan pilih Menu berikut yang ingin anda tanyakan seputar tutorial.

1. Tutorial Webinar atau yang lebih dikenal dengan TUWEB merupakan modus tutorial yang memanfaatkan fasilitas web seminar melalui jaringan Internet yang dilaksanakan secara synchronous (real time/pada waktu yang bersamaan). Tuweb diterapkan apabila mahasiswa tidak memungkinkan untuk mendapat layanan TTM karena sebaran domisilinya atau karena alasan lain.

2. Mahasiswa yang dapat mengikuti Layanan Tuweb / TTM : 

  • Mahasiswa dengan layanan SIPAS Semi dengan keterangan Matakuliah Wajib Tutorial
  • Mahasiswa SIPAS Non TTM dapat mengikuti dengan mengajukan ATPEM / atas Permintaan
  • ATPEM minimal harus ada 20 Mahasiswa dan maksimal 39 dalam melaksanakan Tuweb dan Tatap Muka
  • Registrasi ATPEM dapat dilakukan melalui MyUT dengan biaya sebesar Rp150.000 Per Matakuliah

3. Laman yang digunakan dalam perkuliahan Tutorial Webinar

https://silayar.ut.ac.id/
Langkah untuk login ke Silayar

  • Klik atau ketikkan link berikut pada mesin pencarian (browser) teman-teman, yaitu https://silayar.ut.ac.id/
  • Lalu klik icon login pada pojok kanan atas laman silayar
  • Masukkan NIM teman-teman mahasiswa (contoh: 858123456)
  • Masukkan password berupa tanggal lahir teman-teman secara lengkap (contoh: 01012001)
  • Lalu klik Login
  • Atau jika laman pencarian teman-teman sudah terintegrasi dengan Office 365, bisa login (masuk) menggunakan Microsoft365 Universitas Terbuka dengan memasukkan password sesuai dengan yang teman-teman miliki pada akun Microsoft 365
  • Silakan kerjakan diskusi dan tugas yang ada di silayar, teman-teman juga dapat menambahkan file lampiran berupa video, gambar, atau tulisan sesuai dengan permintaan tutor masing-masing

Jika terkendala tidak bisa masuk akun silayar karena password telah diubah dan ingin mereset password teman-teman dapat mengisi link Form Berikut https://sl.ut.ac.id/ResetSilayar petugas dari UT akan menghubungi jika silayar sudah di reset Terima Kasih

4. Panduan Cek link kelas Tutorial webinar

  • Klik atau ketikkan link berikut pada mesin pencarian (browser): https://utjember.ut.ac.id/sireta/tuweb
  • Masukkan NIM teman-teman mahasiswa (contoh: 858123456)
  • Masukkan hasil penjumlahan atau pengurangan pada laman tersebut
  • Klik Cari
  • Maka akan muncul jadwal, jam, pokjar, serta link Microsoft Teams untuk pembelajaran Tuweb.

5. Panduan Untuk mengikuti pembelajaran tutorial webinar melalui Microsoft Teams dapat mengikuti langkah berikut:

  • Pastikan HP/Laptop teman-teman sudah terinstall aplikasi Microsoft Teams yang bisa didapat di playstore, appstore, atau microsoft store
  • Teman-teman dapat login ke Microsoft Teams jika sudah melakukan sinkronisasi pada Office 365 atau tanpa login
  • Klik link yang tersedia pada laman penjadwalan tuweb teman-teman
  • Masukkan Nama dan NIM, jika belum login ke Microsoft Teams 
  • Selamat menjalankan pembelajaran tuweb di Microsoft Teams bersama tutor dari Universitas Terbuka Jember

Beberapa matakuliah yang ditawarkan pada program studi tertentu mewajibkan praktik / praktikum, Praktik adalah kegiatan yang menuntut mahasiswa untuk menerapkan konsep, prinsip, prosudur, dan keterampilan dalam situasi nyata atau buatan secara terprogram dan terbimbing. praktikum adalah kegiatan pengamatan , percobaan / pengujian suatu konsep atau materi matakuliah yang dilakukan didalam / diluar laboratorium.

6. Panduan Cek link kelas Praktik

  • Klik atau ketikkan link berikut pada mesin pencarian (browser): https://utjember.ut.ac.id/sireta/tuweb
  • Masukkan NIM teman-teman mahasiswa (contoh: 858123456)
  • Masukkan hasil penjumlahan atau pengurangan pada laman tersebut
  • Klik Cari

7. Panduan Mengakses aplikasi Praktik/Praktikum

  • Silahkan buka laman htpp://praktik.ut.ac.id pada alamat mesin pencarian (browser) internet Google Chrome versi terbaru terlebih dahulu."
  • Login Username dengan NIM mahasiswa. Contoh Username: 012982543
  • Password dengan tanggal lahir mahasiswa dengan format ddmmyyyy (8 digit).
    Contoh Password untuk mahasiswa yang tanggal lahirnya 24 November 1981 adalah 24111981
  • Setelah berhasil login silahkan ubah password menggunakan Angka, Karakter, dan Huruf Besar Kecil

8. Panduan Unggah Laporan :

  1. Sebelum mahasiswa mengunggah laporan sesuai mata kuliah yang telah diregistrasikan, mahasiswa harus menyiapkan laporan akhir praktik/praktikum dalam bentuk satu file PDF dengan ukuran maksimal 5 MB
  2. Selanjutnya klik Unggah Laporan pada kolom Aksi sesuai dengan mata kuliah yang akan diunggah laporan praktik/praktikumnya.
  3. Setelah muncul kotak dialog Unggah Laporan Praktik/Praktikum klik Pilih File atau Choose File atau Browse.
  4. Setelah muncul kotak dialog File Explorer, klik file laporan praktik/praktikum (dalam bentuk file PDF maksimal berukuran 5 MB) yang akan diunggah, kemudian klik tombol Buka atau Open pada bagian bawah kotak dialog File Explorer.
  5. Setelah nama file laporan praktik/praktikum yang akan diunggah muncul pada kotak Pilih File atau Choose File atau Browse, klik tombol Unggah Laporan
  6. Untuk memastikan file laporan praktik/praktikum sudah benar, mahasiswa dapat melihat tampilan file yang telah diunggah pada kotak di bawah tempat unggah laporan praktik/praktikum.
  7. Jika tampilan file yang telah diunggah tidak sesuai dengan file yang seharusnya diunggah, maka mahasiswa dapat mengunggah ulang file tersebut dengan mengulangi Langkah 3.
  8. Jika tampilan file yang telah diunggah sudah sesuai dengan file yang seharusnya diunggah, maka mahasiswa dapat melanjutkan mengunggah ulang file laporan praktik/praktikum untuk mata kuliah lainnya dengan mengulangi Langkah 2 sampai dengan Langkah 6 hingga laporan praktik/praktikum seluruh mata kuliah yang diregistrasikan
  9. Setelah laporan praktik/praktikum yang diunggah mahasiswa telah divalidasi oleh Tutor/Pembimbing/Instruktur/Supervisor/Pemeriksa, mahasiswa tidak dapat mengunggah ulang laporan praktik/praktikum. Oleh karena itu setelah mahasiswa mengunggah file laporan praktik/praktikum, pastikan bahwa file laporan praktik/praktikum tersebut telah sesuai.

9. Reset Laman Praktik : untuk reset password silahkan mengisi Form Berikut : https://sl.ut.ac.id/ResetPraktik

08 Aug,2024
FAQ

INFORMASI SEPUTAR MY UT

1. Cara aktivasi MyUT gimana?

-Buka myut.ut.ac.id
-Pilih "Kelola akun Ecampus UT"
-Masukkan NIM, tanggla lahir dan nama ibu
-Klik "Cek Akun Ecampus"

2. Saat buat akun di myUT gagal terus, solusinya gimana?

1. Cek disetiap data yang diinput ada spasi yang tidak di sengaja apa tidak
-contoh: harusnya yang di input "Bodiono", tetapi yang di input "Budiono "

2. Password yang di daftarkan tidak sesuai kriteria
-kriteria password akan muncul di bawah kolom password dan berwarna merah

3. Pastikan penulisan email sudah benar (case sensitive)

3. Cara registrasi matakuliah gimana?

-Login akun myut.ut.ac.id
-Klik tombol garis2 di pojok kanan atas
-Pilih "Registrasi>Registrasi Mata Kuliah"
-Isi alamat pegiriman bahan ajar
-Pilih Lokasi ujian
-Klik "Registrasikan Mata Kuliah"

Cara registrasi matakuliah bisa di cek di :
https://www.youtube.com/watch?v=k0vPU9u4haw

4. Kolom Pokjar wajib diisi kah? Wajib pilih pokjar jika mmemilih layanan *TTM (Tutorial Tatap Muka)*
Jika memilih layanan *Non TTM*, *Non Sipas*, pilih *Non Pokjar* 

5. Cara reset password ecampus?

-Buka myut.ut.ac.id
-Pilih "Kelola akun Ecampus UT"
-Masukkan NIM, tanggla lahir dan nama ibu
-Klik "Reset Akun Ecampus"

6. Salah pilih prodi saat daftar, apa masih bisa diganti? Selama belum dapat NIM, masih bisa di ganti di tahap pendaftaran sebelum unggah berkas

7. Pengajuan alih kredit saya kok lama? Pengajuan alih kredit memang lebih lama dibandingkan dengan daftar dari lulusan SMA/sederajat.
Jika sudah unggah semua persyaratan pendaftaranya, silahkan ditunggu saja ya kak.
Cek secara berkala status pengajuanya di admisi-sia.ut.ac.id

8. Apa bisa ganti layanan SIPAS ke Non SIPAS (atau sebaliknya)? Bisa asalkan belum melakukan pembayaran registrasi matakuliah semester 1
Silahkan hubungi admin UT Jember dengan menuliskan NIM, Nama dan kendalanya apa
atau bisa datang ke kantor UT Jember di jam pelayanan ya

9. Cara bayar pembayaran/admisi bagaimana? *PEMBAYARAN ADMISI*
Pembayaran admisi di UT bisa dilakukan langsung *melalui teller bank BRI, BTN, Mandiri, BNI, dan BSI* begitupun dapat mencetak lembar registrasi dan dibayarkan di *Alfamart, Alfamidi, Lawson, Indomaret, Pospay, dan Tokopedia*.

Untuk pembayaran melalui ATM atau mobile banking dapat mengikuti langkah berikut: https://jember.ut.ac.id/pengumuman/177-pembayaran-uang-kuliah-di-universitas-terbuka.html

07 Aug,2024
FAQ

INFORMASI SEPUTAR KELULUSAN

1. Apa syarat Kelulusan di UT

- Pastikan Semua Mata Kuliah sudah berstatus LL
- Pastikan kesesuaian antara data diri di Akun SIA dengan data di KTP
- Pastikan Tidak ada meregistrasikan Mata Kuliah di semester ini
- Penjaringan kelulusan dapat di cek pada website aksi.ut.ac.id
- Info detail lainnya terkait syarat kelulusan bisa di cek pada laman https://www.ut.ac.id/kelulusan/

2. Bagaimana cara mengetahui belum/sudah terjaring kelulusan di UT

- Buka laman aksi.ut.ac.id/alumni
- Masukkan data NIM, TANGGAL LAHIR dan hasil penjumlahan capcha
- Bagi yang sudah terjaring kelulusan akan muncul data diri alumni (anda) dan diarahkan untuk mengunggah surat pernyataan dan pasfoto ijazah 
- Bagi yang belum terjaring kelulusan akan muncul "ANDA BELUM TERJARING YUDISIUM"
- Bagi yang proses penjaringan kelulusan akan muncul "ANDA SUDAH TERJARING DALAM CALON LULUSAN DAN SEDANG DALAM PROSES PENOMORAN IJAZAH NASIONAL (PIN)"

3. Kapan kegiatan wisuda dilaksanakan Kegiatan wisuda tiap periode dilaksanakan dengan berurutan sebagai berikut:
- Wisuda Pusat (Tangerang Selatan), Jadwal pelaksanaan sesuai yang tercantum pada kalender akademik UT (https://www.ut.ac.id/kalender-akademik/)
- Wisuda Daerah (Kab.Jember), Jadwal pelaksanaan diadakan paling cepat 2 bulan setelah wisuda pusat sesuai keputusan pimpinan UT daerah Jember

4. Bagaimana proses kelulusan di UT Sudah ter SK Yudisium > Unggah Surat Pernyataan > Unggah Foto Ijazah > Wisuda Pusat/Daerah

5. Bagaimana cara mendaftar wisuda Pendaftaran wisuda pusat/daerah kita infokan melalui medsos UT Jember (IG dan Website). Jika pendaftaran sedang dibuka segera lakukan pendaftaran sesuai instruksi yang ada. Untuk pendaftaran wisuda daerah yang berbasis pokjar bisa konfirmasi dengan pokjarnya untuk mendaftar/registrasi wisuda.

6. Bagaimana cara unggah surat pernyataan pada laman aksi Isikan data yang ada apakah sesuai dengan data yang sebenarnya (nama/tempat lahir/tanggal lahir/jenis kelamin/NIK/No HP/No WA). Lalu klik simpan dan cetak surat pernyataan untuk di TTD dan tempel materai dan diunggah kembali. Untuk data yang tercantum telah sesuai, cukup mengunggah surat pernyataan saja. Namun jika ada ketidaksesuaian data, dilampirkan dalam satu file pdf yaitu:
Surat Pernyataan
Scan Asli Akta Lahir
Scan Asli Kartu Keluarga (KK)
Scan Asli Kartu Tanda Penduduk (KTP) Lalu klik simpan dan cetak surat pernyataan untuk di TTD dan tempel materai.

7. Bagaimana cara unggah pasfoto ijazah pada laman aksi Ketentuan Foto :
1. Foto terbaru pada saat mahasiswa dinyatakan Lulus/teryudisium
2. Kualitas asli hasil studio foto
3. Pencahayaan cukup terang dan jelas
4. Foto berwarna (bukan putih) ukuran 3 x 4 (354/472 pixel) dengan ketentuan pasfoto sebagai berikut:
✓  Posisi proporsional (jarak kanan kiri sama dan ujung pundak tidak terlihat)
✓  Wajah menghadap ke depan dan terlihat jelas
✓  Tidak menggunakan kacamata
✓  Memakai pakaian resmi tidak bercorak (bukan kaus atau T- shirt)
✓  Untuk laki-laki tidak memakai penutup kepala
✓  Untuk perempuan tidak memakai penutup wajah/cadar/burka.
✓  Format file berextensi JPG/JPEG dengan ukuran file maksimal 1 Mb
5. File pasfoto yang di unggah bukan hasil foto sudah jadi kemudian difoto kembali/foto hasil scan
6. Dengan mengunggah foto, saya menyatakan bahwa foto yang diunggah telah sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

8. Berapa biaya wisuda di UT Biaya Lembar Informasi Pembayaran Wisuda (LIPW) Pusat/Daerah (berlaku mulai untuk lulusan Periode II Tahun Akademik 2023/2024 dan seterusnya) sebesar:
- Diploma/Sarjana : Rp. 750.000
- Pascasarjana : Rp. 1.000.000

9. Bagaimana cara pengambilan ijazah bagi yang tidak ikut wisuda atau pengambilan ijazah secara langsung Untuk Ijazah yang diambil langsung paling cepat bisa diambil 2 minggu setelah pelaksanaan wisuda daerah. Ketentuan yang wajib diikuti saat pengambilan ijazah adalah sebagai berikut:
- Pastikan posisi ijazah sudah di UT Jember dengan meng cek pada laman aksi.ut.ac.id/alumni
- Pengambilan ijazah tidak bisa diwakilkan, wajib ybs yang berhak mengambil ijazah
- Wajib membawa kartu identitas berfoto seperti KTP/SIM dan KTM/e-KTM
- Pengambilan ijazah bisa dilakukan pada jam kerja Kantor UT Jember

10. Bagaimana cara mengajukan legalisir ijazah Untuk layanan legalisir Ijazah terdapat 2 skema, yakni:
- Legalisir langsung ke Kantor UT Jember pada jam kerja kantor UT Jember atau
- Legalisir online pada laman https://aksi.ut.ac.id/legalisir
Biaya legalisir sebesar Rp. 50.000. Untuk legalisir online setelah mendapatkan unduhan legalisirnya akan diberi batas waktu kurang lebih 3 bulan masa berlaku legalisirnya.

11. Bagaimana cara ajukan surat keterangan lulus/ surat keterangan alumni/ surat keterangan proses pddikti (alumni) Permohonan surat keterangan lulus/ surat keterangan alumni/ surat keterangan proses pddikti (alumni):
1. buka laman https://aksi.ut.ac.id/sk
2. masukkan data NIM, TANGGAL LAHIR, NIK dan hasil penjumlahan capcha
3. klik "Cari"
4. pilih Surat Keterangan yang dibutuhkan
5. masukkan nomor handphone (WA) dan email aktif anda
6. klik "Ajukan Permohonan Surat Keterangan"
7. pengusulan surat keterangan anda tercatat dalam data permohonan pada kolom paling bawah. cek selalu opsi hingga kolom "opsi" yang semula "dalam proses" menjadi "telah selesai" untuk bisa diunduh.

13. Bagaimana cara dapat sertifikat akreditasi institusi atau program studi Universitas Terbuka Silahkan akses laman https://www.ut.ac.id/akreditasi/ untuk mengunduh sertifikat akreditasi institusi/program studi di UT. Tidak hanya akreditasi terbaru saja namun akreditasi lama/sebelumnya juga ada di tabel paling bawah.

07 Aug,2024
FAQ

KENDALA TERKAIT KELULUSAN

1. Kenapa belum terjaring kelulusan namun syarat kelulusan sudah terpenuhi

Pastikan kembali syarat kelulusan anda sudah terpenuhi dengan ketentuan di UT (cek laman https://www.ut.ac.id/kelulusan/). Apabila anda belum terjaring, mohon bersabar karena UT pusat dan PDDIKTI masih dalam proses penyesuaian data anda dan silahkan cek secara berkala pada laman aksi.ut.ac.id/alumni.

 

2. Bagaimana jika di ijazah dan transkip saya terdapat ketidaksesuaian data

Silahkan untuk ajukan Pengajuan Surat Keterangan Ralat Ijazah, mohon terlebih dahulu mengunduh, mencetak dan mengisi “FORMULIR PERMOHONAN SURAT KETERANGAN RALAT IJAZAH” yang ada pada berkas pdf (https://sl.ut.ac.id/Form_Ralat_Ijazah). Untuk berkas pendukung yang wajib dilampirkan adalah:
1. Pasphoto ukuran 3x4 berwarna sebanyak 1 lembar
2. Materai Rp. 10.000 (tidak perlu ditempel)
3. Fotocopy Ijazah UT
4. Fotocopy Akta Kelahiran dan KTP
Jika Formulir Permohonan sudah diisi lengkap beserta berkas pendukung sudah terpenuhi, dapat menyerahkan berkas tersebut kepada sdr. Andri (PJ Ijazah) di lt.2 kantor UT Jember atau kirim via ekspedisi dengan tujuan alamat Kantor UT Jember u.p. sdr. Andri.
 

3. Bagaimana jika ijazah saya hilang 

Silahkan untuk ajukan Pengajuan Surat Keterangan Pengganti Ijazah, mohon terlebih dahulu mengunduh, mencetak dan mengisi “FORMULIR PERMOHONAN SURAT KETERANGAN PENGGANTI IJAZAH” yang ada pada berkas pdf (https://sl.ut.ac.id/Form_Pengganti_Ijazah). Untuk berkas pendukung yang wajib dilampirkan adalah:
1. Surat Keterangan Kehilangan terbaru dari kepolisian terdekat (bukan fotocopy)
2. Pasphoto ukuran 3x4 berwarna sebanyak 1 lembar
3. Materai Rp. 10.000 (jangan ditempel)
4. Fotocopy Ijazah UT
5. Fotocopy KTP
Jika Formulir Permohonan sudah diisi lengkap beserta berkas pendukung sudah terpenuhi, dapat menyerahkan berkas tersebut kepada sdr. Andri (PJ Ijazah) di lt.2 kantor UT Jember atau kirim via ekspedisi dengan tujuan alamat Kantor UT Jember u.p. sdr. Andri.
 

4. Bagaimana jika transkip nilai dan SKPI saya hilang 

Mohon untuk ajukan Pengajuan Cetak Ulang Transkip/SKPI, mohon terlebih dahulu mengunduh, mencetak dan mengisi “FORM PENGAJUAN CETAK ULANG TRANSKIP/SKPI” yang ada pada berkas pdf (https://sl.ut.ac.id/Form_Transkrip_Akademik). Untuk berkas pendukung yang wajib dilampirkan adalah:
1. Surat Keterangan Kehilangan terbaru dari kepolisian terdekat
2. Fotocopy Ijazah UT
Untuk pengisian alamat sesuaikan dengan pilihannya pengirimannya, bisa dikirim ke UT Daerah atau alamat rumah. Jika Formulir Permohonan sudah diisi lengkap beserta berkas pendukung sudah terpenuhi, dapat menyerahkan berkas tersebut kepada sdr. Andri (PJ Ijazah) di lt.2 kantor UT Jember atau kirim via ekspedisi dengan tujuan alamat Kantor UT Jember u.p. sdr. Andri.
 

5. Bagaimana cara memperbaiki data dipddikti yang tidak sesuai 

Berikut ketidaksesuaian data pada laman PDDIKTI yang dapat kami tangani yakni meliputi identitas: NIM, NIK, Nama,Nama Ibu Kandung, Jenis Kelamin, Tempat dan Tanggal/Bulan/Tahun Lahir, Tahun Masuk, Nomor Ijazah, dan IPK . Untuk pengajuan perubahan data di laman PDDIKTI, mohon terlebih dahulu mengunduh, mencetak dan mengisi “SURAT PERNYATAAN PERUBAHAN DATA PADA PDDIKTI” yang ada pada berkas pdf (https://sl.ut.ac.id/Surat_Pernyataan_DIkti). Untuk berkas pendukung yang wajib dilampirkan adalah:
Scan asli berwarna Kartu Keluarga
Scan asli berwarna KTP
Scan asli berwarna Akta Kelahiran
Scan asli berwarna Ijazah dan transkip nilai (jika sudah lulus atau menerima ijazah)
Scan asli Kartu Tanda Mahasiswa (KTM)
Materai Rp. 10.000 di tempel pada surat pernyataan
Jika surat pernyataan sudah diisi lengkap dan sudah tertempel materai dan sudah tertandatangani, mohon dapat dikirim pada email This email address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it.. Mohon untuk tidak mengirimkan berkas selain yang diminta pada persyaratan perbaikan data pribadi untuk PDDIKTI. Pastikan berkas yang saudara kirim dalam bentuk scan asli dan berwarna (bukan hasil fotocopy yang di foto/scan kembali), serta jelas, tidak buram, dan gambar tegak lurus (tidak miring).
 

6. Jika status saya sudah lulus tapi posisi saya sudah tidak lagi di UT Jember apakah bisa ijazah dikirim ke UT Daerah yang dekat dengan wilayah domisili/kerja saya saat ini 

Silahkan untuk ajukan Pengajuan Permohonan Pengiriman Berkas Kelulusan (Ijazah, Transkip dan SKPI) ke UT Daerah terdekat. Mohon terlebih dahulu mengunduh, mencetak dan mengisi "Surat Permohonan" yang ada pada berkas word (https://sl.ut.ac.id/Surat_Permohonan_Pengiriman_Ijazah_KeUT_Terdekat). Untuk berkas pendukung yang wajib dilampirkan adalah:
Scan asli berwarna KTP
Scan asli KK
Pastikan sudah mengunggah surat pernyataan dan pas foto pada laman aksi.ut.ac.id/alumni. Jika Surat Permohonan sudah diisi lengkap beserta berkas pendukung sudah terpenuhi, dapat mengirimkan berkas tersebut kepada sdr. Andri (PJ Ijazah) di lt.2 kantor UT Jember atau kirim via whatsapp 0822-3257-5247.
 

7. Bagaimana jika pasfoto tempel diijazah saya rusak 

Pastikan anda lulusan Periode II Tahun Akademik 2021/2022 atau sebelumnya yang foto di ijazahnya masih model tempel dan pastikan ijazah anda belum dilaminating. Untuk pengajuan permohonan penempelan ulang pasfoto ijazah karena rusak, mohon dapat mengisi identitas berikut:
Nama
NIM
Prodi
No SK Yudisium
No HP/Email
Lulusan yang bisa mengajukan adalah lulusan masa 2022.1 dan sebelumnya. Pastikan ijazah belum terlaminating dan telah menyiapkan pasfoto hitam putih yang sama dengan di ijazah. Jika pasfoto lama tidak dimiliki lagi mohon pasfoto terbaru dibuat mirip dengan pasfoto yang diijazah, baik dari segi pakaian dan posisinya. Berkas Ijazah dan Pasfoto Hitam Putih dapat diserahkan kepada sdr. Andri (PJ Ijazah) di lt.2 kantor UT Jember. Pengajuan ini memakan waktu agak lama dikarenakan berkas masih kami ajukan lagi ke UT Pusat.
 

8. Kenapa teman saya seangkatan lebih awal terjaring kelulusan 

Dalam penjaringan kelulusan untuk jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) memang lebih lama prosesnya dari pada jalur Non RPL. Proses penjaringan jalur RPL lebih lama di PDDIKTInya terkait singkronisasi pengakuan alih kredit mata kuliah yang pernah ditempuh di kampus sebelumnya. Sering juga ditemukan seperti 2 Mahasiswa dengan prodi yang sama dan keduanya melalui jalur RPL dengan registrasi terakhir yang sama di semester tersebut terkadang penjaringan kelulusannya juga berbeda, hal ini dikarenakan proses di PDDIKTInya.

 

9. Kenapa unggah surat pernyataan atau unggah pasfoto ijazah pada laman aksi muncul status GAGAL VALIDASI

Munculnya status Gagal Validasi diakibatkan karena ketidak sesuaian berkas yang diunggah, silahkan cek status gagal validasinya pada kolom keterangan. Silahkan untuk segera diperbaiki dan diunggah ulang berkas yang telah sesuai.

07 Aug,2024
FAQ

INFORMASI PENDAFTARAN MENJADI MAHASISWA UT

  1. Informasi cara daftar di UT klik link berikut : https://admisi-sia.ut.ac.id/beranda/panduan-mahasiswa atau https://youtu.be/vruEmqsAV6o
  2. Informasi Jadwal Pendaftaran mahasiswa di UT : Jadwal pendaftaran mahasiswa baru semester ini adalah sebagai berikut: – Jalur Umum (Non RPL/Non Alih Kredit): *6 Mei 2024 – 26 Agustus 2024* – Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)/Alih Kredit: *6 Mei 2023 – 25 Juli 2024*
  1. Informasi Alamat pendaftaran secara online klik link berikut : https://admisi-sia.ut.ac.id/
  2. Informasi Cara daftar di UT jalur transfer dari Universitas lain :
    • Pilih RPL jika lulusan atau pindahan dari universitas lain
    • Pilih Non RPL jika lulusan SMA/Sederajat
  1. Informasi seputar RPL atau Non RPL :

Untuk pendaftaran RPL sekarang sedikit berbeda dengan semester lalu, yang penting untuk pendaftaran RPL silakan pilih skemanya RPL. Lalu untuk pilihan RPL, silakan pilih Pendidikan Formal. Khusus untuk FKIP, tambahkan juga RPL Pengalaman Kerja. Selanjutnya, silakan ikuti langkah-langkah yang tersedia pada laman pendaftaran. Mahasiswa akan diarahkan memilih mata kuliah apa saja yang sekiranya sama, mirip, atau sama kontennya antara mata kuliah yang dulu pernah diambil pada prodi di universitas lama dengan mata kuliah pada prodi yang akan dituju di UT.

Jika mendaftar menggunakan skema RPL, silakan disiapkan:

    1. Fotokopi ijazah terakhir legalisir
    2. Fotokopi transkrip terakhir legalisir
    3. Surat pindah kuliah dari Perguruan Tinggi Lama jika belum lulus
    4. Screenshoot PDDIKTI pada laman: https://pddikti.kemdikbud.go.id/
    5. Daftar Riwayat Hidup: https://www.ut.ac.id/formulir/
    6. Akreditasi Perguruan Tinggi Lama
    7. Silakan juga pelajari kurikulum pada prodi yang dipilih dan di UT melalui https://www.ut.ac.id/katalog/ dan pilihlah mata kuliah yang sama atau mirip dengan mata kuliah pada prodi lama.
  1. Informasi Pendaftaran Program Pasca Sarjana di UT : Info Pascasarjana UT dapat dilihat di https://pasca.ut.ac.id/ atau dapat menghubungi penanggung jawab Pascasarjana UT Jember ke Ibu Luluk ( wa.me/6281290000301 )
  2. Informasi perbedaan SIPAS dan Non SIPAS klik link berikut :

LAYANAN PENDIDIKAN SIPAS

    • Mata kuliah dan jumlah SKS ditentukan lembaga (sesuai Katalog Kurikulum)
    • Biaya UKT konstan (sesuai Katalog Penyelenggaraan)
    • UKT yang dibayarkan sudah termasuk Bahan Ajar (Modul)
    • Lama dan masa studi sesuai Katalog Kurikulum

LAYANAN PENDIDIKAN NON SIPAS

    • Mata kuliah dan jumlah SKS (maksimal 24 SKS) ditentukan oleh mahasiswa pendaftar berdasar pada Katalog Kurikulum
    • Biaya UKT disesuaikan dengan jumlah SKS yang diambil tiap semesternya
    • UKT yang dibayarkan belum termasuk biaya bahan ajar/buku
    • Lama dan kecepatan studi ditentukan sendiri oleh mahasiswa
  1. Informasi penggunaan Surat Keterangan Lulus (SKL) : Khusus untuk siswa baru lulus di pendaftaran semester ganjil bisa menggunakan SKL, dan harus segera di ganti dengan ijazah jika sudah ada
  2. Informasi pendaftaran Jalur Beasiswa : Untuk menanyakan soal beasiswa dapat menghubungi Pak Heri di nomor ( wa.me/6285204977575 )
  3. Informasi pendaftaran Mahasiswa Luar Negeri klik link berikut : Jika mahasiswa berasal dari luar negeri, wajib mendaftar ke UT Luar Negeri karena layanannya berbeda. Berikut nomor layanan UT Luar Negeri: 081287591982
  4. Informasi pembelian Jas Almamater : Pembelian jas almamater UT dapat menghubungi nomor: Pak Venta (082339749858) dan Pak Yayak (082340269765) atau datang langsung ke kantor UT Jember 
07 Aug,2024
FAQ

INFORMASI SEPUTAR UT

  1. Informasi Brosur UT Jember klik link berikut : https://sl.ut.ac.id/BrosurUTJember
  2. Informasi Program studi apa saja yang tersedia klik link berikut : https://jember.ut.ac.id/layanan.html
  3. Informasi Universitas Terbuka Jember klik link berikut : http://jember.ut.ac.id/
  4. Informasi Pengumuman Penting UT Jember klik link berikut : https://jember.ut.ac.id/pengumuman.html
  5. Informasi Berita Terbaru UT Jember klik link berikut : https://jember.ut.ac.id/berita.html
  6. Informasi Akreditasi Universitas Terbuka klik link berikut : https://www.ut.ac.id/akreditasi/
  7. Informasi biaya kuliah di Universitas Terbuka klik link berikut : https://www.ut.ac.id/biaya-pendidikan/
  8. Informasi Kalender Akademik UT klik link berikut : https://www.ut.ac.id/kalender-akademik/
  9. Informasi Sistem Pembelajaran UT : 

UT sebagai perguruan tinggi yang menerapkan pembelajaran jarak jauh, menggunakan sistem belajar mandiri terbimbing bagi seluruh mahasiswanya. Istilah jarak jauh berarti pembelajaran tidak dilakukan secara tatap muka, melainkan menggunakan media, baik media cetak (modul) maupun non-cetak (audio/video, komputer/internet, siaran radio, dan televisi). Adapun sistem belajar mandiri terbimbing merupakan pendekatan inovatif dalam pendidikan yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka. Dalam sistem ini, mahasiswa akan memiliki akses ke berbagai sumber daya pendidikan, termasuk materi pembelajaran online, buku teks digital, video pembelajaran, dan lainnya. Mahasiswa memiliki fleksibilitas untuk belajar sesuai dengan ritme dan gaya belajar mereka sendiri, sambil tetap memperoleh bimbingan yang terarah dari tutor atau dosen. Tutor atau dosen akan memberikan panduan, memberikan penjelasan tambahan, dan menjawab pertanyaan yang mungkin timbul selama proses belajar. Interaksi ini dapat berlangsung melalui berbagai saluran, termasuk layanan bantuan belajar yang disediakan oleh UT, pertemuan daring, atau komunikasi langsung melalui pesan. Hal ini menciptakan pengalaman belajar yang lebih personal dan nyaman, memungkinkan mahasiswa untuk meraih pencapaian akademik dengan lebih efektif dan efisien. Selain itu, sistem ini juga menawarkan beragam alat asesmen untuk mengukur pemahaman dan kemajuan mahasiswa, seperti Tugas Mata Kuliah, Ujian Online, Take Home Exam, dan sebagainya.

UT seperti halnya perguruan tinggi yang lain, juga menerapkan sistem kredit semester (SKS) untuk menetapkan beban studi mahasiswa. Dalam sistem ini, beban studi yang harus diselesaikan dalam satu program studi diukur dengan satuan kredit semester (sks). Setiap mata kuliah diberi bobot 1-6 sks. Satu semester adalah satuan waktu kegiatan belajar selama 16 minggu. Di UT, satu sks disetarakan dengan tiga modul bahan ajar cetak. Satu modul terdiri atas 40-50 halaman, sehingga bahan ajar dengan bobot 3 sks berkisar antara 360-450 halaman, bergantung pada jenis mata kuliahnya. Dengan sistem belajar seperti ini mahasiswa UT diharapkan mengalokasikan waktu belajar sesuai dengan beban sks yang diambil atau mengambil beban sks setiap semester sesuai dengan waktu belajar yang dapat dialokasikan, serta mempertimbangkan kemampuan akademik masing-masing. Idealnya, alokasi waktu yang harus disediakan oleh mahasiswa UT apabila mengambil satu sks adalah 32 jam per semester sehingga setidaknya harus belajar secara mandiri selama dua jam per minggu per sks. Perhitungan ini didasarkan pada alokasi waktu yang digunakan dalam perguruan tinggi tatap muka.

  1. Informasi Katalog Universitas Terbuka klik link berikut : https://www.ut.ac.id/katalog/
  2. Informasi alamat kantor UT Jember  : Alamat lengkap kantor UT Jember di Jl. Kaliurang No. 2A, Sumbersari, Kab. Jember, Jawa Timur 68121
  3. Informasi Jadwal Layanan kantor UT Jember : Jadwal layanan kantor UT Jember Hari : Senin - Kamis 08.00-16.30 WIB dan Jum'at : 08.00-17.00 WIB
  4. Informasi pembelian Jas Almamater : Pembelian jas almamater UT dapat menghubungi nomor: Pak Venta (082339749858) dan Pak Yayak (082340269765) atau datang langsung ke kantor UT Jember 
© Copyright UT JEMBER 2025.
  • Home
  • Layanan
  • Profil Pegawai
  • Pengumuman
  • Berita
  • UT ONLINE
    • SIA (Sistem Informasi Akademik)
    • TUTON (Tutorial Online)
    • LMS (Learning Manajemen Sistem)
    • Kalender Akademik
    • Katalog UT
    • Formulir Kemahasiswaan
    • Akreditasi BAN-PT
    • Surat Keterangan
    • Unggah Karil (Karya Ilmiah)
    • Perpustakaan Digital
    • SUAKA UT
    • Laman TUTOR
    • IKA-UT (Ikatan Alumni)
  • SALUT